Berita

Mewujudkan Operasi yang Berwawasan Masa Depan dan Berkelanjutan

21 April 2016   |   OPERASIONAL News
Share:

Audit Lingkungan Internal Corporate 2016

Isu kelestarian lingkungan adalah salah satu hal yang diutamakan dalam operasi PT Freeport Indonesia. Perusahaan senantiasa mengupayakan yang terbaik demi mewujudkan operasional yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Audit lingkungan adalah salah satu upaya yang ditempuh perusahaan untuk memastikan manajemen lingkungan yang diterapkan di perusahaan telah dijalankan sesuai dengan ketentuan yang ada. Pada 5-13 April 2016, PTFI menyelenggarakan audit lingkungan yang dilakukan oleh FCX bekerja sama dengan Crescent International (CTI), konsultan independen yang telah dipercaya Freeport McMoRan selama lebih dari 20 tahun.

Audit lingkungan corporate ini merupakan satu dari sekian audit lingkungan yang rutin dilakukan oleh PTFI melalui departemen lingkungannya untuk bersama-sama meninjau penerapan manajemen lingkungan di PTFI.

“Terdapat tiga tujuan utama dari kegiatan ini. Pertama, kami dikirim ke sini untuk memastikan bahwa obligasi-obligasi lingkungan yang harus ditaati telah kami ketahui. Yang kedua, kami ada di sini sebagai bagian dari peningkatan performa pengelolaan lingkungan, dan yang ketiga adalah memenuhi audit sistem manajemen lingkungan tahunan kita,” terang Paul Kunkel, Manager EMS & Audit Programs, yang sekaligus merupakan ketua audit dalam audit lingkungan corporate kali ini.

Laura Daniels, auditor dari CTI berkata, “Saya sudah datang ke sini setiap tahun selama lebih dari 20 tahun. Saya bisa katakan bahwa performa pengelolaan lingkungan di PTFI selalu menunjukkan perbaikan yang baik dari tahun ke tahun: pengurangan polusi, bahwa dulu belum ada pabrik pengolahan air pembuangan dan sekarang sudah ada, dulu belum ada pemisah antara air dengan oli yang sekarang sudah ada, dan pencapaian yang sangat baik pada upaya-upaya reklamasi di berbagai area. Semuanya adalah perbaikan besar yang telah dibuat oleh PTFI. Saya dapat katakan juga bahwa sistem manajemen lingkungan PTFI adalah salah satu yang terkuat dari seluruh area kerja pertambangan yang pernah saya kunjungi.”

Laura dan Paul lebih jauh menjelaskan bahwa isu lingkungan merupakan salah satu aspek terpenting dalam bisnis di masa kini yang dapat mendukung keberlanjutan usaha kita sesuai dengan bagaimana kita ingin melakukannya. Selain dimandatkan oleh jajaran direksi perusahaan induk, mengingat bahwa PTFI adalah afiliasi perusahaan Amerika, audit ini juga diwajibkan oleh Pemerintah Amerika Serikat yang mewajibkan setiap perusahaan untuk mengemukakan setiap kewajiban pengelolaan lingkungan yang ada kepada publik. Hasil audit lingkungan corporate akan dilaporkan kepada manajemen senior di area kerja dan juga kepada sustainability vice president di Phoenix. Hasil audit lingkungan corporate ini akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap performa pengelolaan lingkungan di PTFI yang penting untuk mendukung kesuksesan perusahaan. 

Audit Lingkungan Corporate ini dilakukan di seluruh area kerja PTFI, mulai dari tambang terbuka hingga ke area di Dataran Rendah. Departemen Lingkungan PTFI selaku tuan rumah mendampingi tim audit sekaligus menghubungkan tim audit dengan area owner dari beragam departemen. Sebagai penanggungjawab utama dalam performa pengelolaan lingkungan di perusahaan, Departemen  Lingkungan PTFI adalah garda terdepan dalam memastikan operasi perusahaan berorientasi pada kemajuan di masa mendatang dan mampu menciptakan bisnis yang berkelanjutan. (Miko Sularso) 

Berita Terkait

 Resmi dibuka, Mess Hall Kenanga Megah di Super Block Ridge Camp
 Srikandi-srikandi Tambang Bawah Tanah
 Fasilitas Pengolahan Air Terbaik di Tambang Bawah Tanah PTFI
 Penggunaan Simulator Wujudkan Efisiensi Biaya & Keselamatan Kerja

Tata Kelola

Public Policy Committee of the Board of Commissioners of Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. assist the Board carry out its oversight responsibilities within the company.

Selengkapnya