Penambangan pada tubuh bijih ("ore body") Grasberg menggunakan cara penambangan terbuka, metode ini cocok untuk Grasberg karena keberadaan tubuh bijihnya yang dekat dengan permukaan tanah pegunungan (Grasberg).

Hampir dikeseluruhan proses penambangan terbuka melalui beberapa tahapan pengeboran, peledakan, pemilahan, pengangkutan, dan penggerusan batuan bijih. Kegiatan penting lainnya yang harus dilakukan adalah menjaga stabilitas lereng dan penanaman kembali tanaman asli pada daerah yang sudah tidak ditambang (reklamasi).

Pada tambang terbuka Grasberg peralatan utama yang digunakan berupa bor, "shovel" dan truk besar untuk menambang bahan tambang. Bahan tambang dimaksud termasuk juga yang diklasifikasikan batuan bijih dan batuan penutup tergantung dari nilai ekonomis bahan tersebut. Fungsi alat shovel adalah mengeruk bahan tambang pada daerah-daerah berbeda di area tambang terbuka, dan memuat bahan ke atas truk untuk dibawa keluar area tambang terbuka.

Karyawan PT Freeport Indonesia di tambang terbuka Grasberg

Bijih ditempatkan ke dalam alat penghancur bijih dan diangkut ke pabrik pengolahan (mill) untuk diproses. Batuan penutup (overburden) diatur penempatannya ke daerah-daerah yang telah ditentukan, atau ke dalam alat penghancur OHS pada jalan HEAT untuk ditempatkan di Wanagon Bawah di samping alat penimbun (stacker).

Sarana-sarana utama yang ada pada sekitar lokasi tambang terbuka termasuk bengkel-bengkel perawatan, tambang batu gamping dan pabrik pemrosesan, serta fungsi pendukung lainnya dan perkantoran.

Pengembangan

Pengembangan tambang terbuka Grasberg dilakukan dengan menambang sejumlah daerah (pushback) secara bersamaan. Setiap pushback merupakan bagian rencana pengembangan jangka panjang untuk menambang cadangan. Beberapa pushback nya memerlukan waktu bertahun-tahun untuk pemindahan overburden sebelum bijih terpapar.

Di Grasberg, pushback yang penghasil bijih utama saat ini adalah area 7S. Jadwal pelepasan bijih berkadar mineral tinggi berdasarkan pemindahan overburden sesaat sebelum menambang bijih. Ketika satu pushback selesai dikerjakan, kemudian pushback berikutnya overburdennya dikupas terlebih dahulu agar bisa mulai mendapatkan bijih. Penjadwalan proses seluruhan tambang terbuka dilakukan guna memaksimalkan nilai bersih terkini (net present value) dari sumber daya (mineral) tersebut.

Penempatan Overburden

Overburden adalah batuan penutup tanpa nilai ekonomis atau nilai ekonomisnya kecil yang membungkus atau menutupi sebuah cadangan. Sepanjang masa tambang Grasberg, terdapat sekitar 3,4 miliar ton metrik overburden akan ditambang guna menyingkap 1,4 miliar ton metrik bijih yang bernilai ekonomis. Overburden terdiri dari sejumlah jenis batu alam yang berbeda, termasuk batu gamping. Overburden ditempatkan di daerah-daerah yang memungkinkan tambang terbuka dikembangkan sedekat mungkin untuk kepentingan efisiensi sumber daya.

Daerah-daerah utama penempatan batuan penutup (overburden) berada di padang rumput Carstensz dan daerah Wanagon di sebelah barat dan utara. Overburden diangkut menuju daerah penempatan menggunakan saranatruk. Untuk beberapa daerah penempatan tertentu seperti di Wanagon Bawah, truk pengangkut menuangkan batuan penutup yang diangkutke dalam alat penghancur terlebih dahulu, dan kemudian batuan penutup yang sudah dihancurkan dipindahkan ke alat penimbun (stacker) yang akan menempatkan bahan batuan penutup di Wanagon Bawah. Sepanjang masa tambang terbuka, rasio pengupasan (perbandingan overburden yang dipindahkan terhadap bijih) adalah 2,5 di mana dari tahun 1990 - 2005 rasionya adalah 2,8 dan diperkirakan dari saat ini hingga akhir masa tambang terbuka, rasionya 2,2. Saat tambang terbuka selesai dikerjakan, daerah-daerah overburden kelak sudah dihijaukan kembali.

Saat ini kami memanfaatkan 17 shovel besar dan 148 truk pengangkut untuk menambang permukaan Grasberg.

Keunggulan Operasional

Program-program perbaikan yang sedang berjalan difokuskan pada penggerak nilai di tambang kami, Grasberg. Upaya-upaya awal berhasil menetapkan sasaran produktivitas dari armada truk dan shovel. Fokus sasaran dari inisiatif adalah perbaikan produktivitas truk dan shovel, pengeboran dan peledakan (drilling dan blasting), "scorecard operator", pemeliharaan lokasi, pengurangan inventori, penjadwalan kerja, pelatihan supervisor lapangan, dan penggunaan kendaraan ringan.

Seiring dengan pencapaian sasaran produktivitas, kami melakukan identifikasi terhadap peluang pengurangan biaya. Salah satunya adalah tenaga kerja yang terpusat pada penyelarasan lokasi kerja, tingkatan penugasan, dan peningkatan pelatihan dari pekerja baru yang direkrut dari lembaga pelatihan kami.

Golden Horseshoe
Pengaturan urutan dalam penambangan "golden horseshoe" di dalam lubang Grasberg dapat menghasilkan beberapa variasi produksi logam dari waktu ke waktu.

Kami tetap melakukan analisa rencana jangka yang lebih panjang untuk menilai rancangan optimal terhadap tambang terbuka Grasberg, yang dapat berpengaruh terhadap pengaturan waktu pengembangan block cave Grasberg bawah tanah. Rencana kami yang terdahulu mencakup transisi dari tambang terbuka Grasberg ke block cave Grasberg pada tahun 2015. PTFI berharap dapat menyelesaikan kajian yang dilakukannya saat ini terhadap rencana berjangka lebih panjang, sebelum akhir tahun 2006.

Kami mempunyai dua sarana tram dari pabrik pengolah ke tambang. Yang pertama dibuat pada tahun 1971,saat ini digunakan untuk membawa peralatan, bahan, dan orang, selain untuk mengangkut bijih dari tambang ke mill. Ketika dibangun, tram tersebut merupakan tram udara dengan jarak bentangan terpanjang di dunia. Tram kedua dibangun pada tahun 1989. Setelah pembangunan system ore pass pada tahun 1989, kami tak lagi menggunakan tram untuk mengirim bijih ke mill.

Peralatan Tambang
TypeSize#
Shovel
O&K RH20030m38
Bucyrus 49542m34
P&H 410042m34
P&H 280034m36
Haul Truck
CAT 785135mt11
CAT 793220mt98
Komatsu 930E290mt27
CAT 797320mt12
Alat Pendukung
Kami juga menggunakan CAT 777 untuk bongkar muat dan kegiatan pendukung lainnya
Kami menggunakan beberapa alat bergerak untuk kegiatan pendukung; loader, dozer, excavator, grader, truk servis, crane, drill, dll

Mitra Utama di Grasberg

Drilltech/Sandvik
Pengeboran blasthole dan pemeliharaan bor.

Trakindo CAT
Pemeliharaan truk.

Benches 
Tinggi kemiringan 15 meter dengan sudut muka 65o. Kemiringan berkisar dari 34o hingga 48o, tergantung berbagai pertimbangan geoteknis

Pengeboran dan Peledakan
Pola yang lazim digunakan 10 x 10 x 17 meter.
Bahan peledak ANFO.

Curah Hujan 
Rata-rata 10mm/hari (145 inci/tahun).