Akhir 2022, Smelter Freeport Mencapai 50%

20 December 2022

JAKARTA. PT Freeport Indonesia menargetkan Proyek Smelter Manyar di Gresik mencapai 50% pada akhir tahun 2022. VP Government Relations Freeport Indonesia Harry Pancasakti mengungkapkan, program hilirisasi masih terus berjalan.

"Smelter Gresik oh target dan insya Allah di akhir Desember 2022 konstruksinya mencapai 50%," kata dia dalam Indonesia Energy and Mineral Conference 2022, kemarin. Menurut Harry, seluruh proses konstruksi Smelter Manyar ditargetkan tuntas pada Desember 2023. Selanjutnya, proses commissioning dan operasi dapat dimulai pada tahun 2024.

Dengan rampungnya smelter tersebut, maka seluruh produksi konsentrat tembaga dapat dimurnikan di dalam negeri. Saat ini produksi Freeport mencapai 200. 000 ton bijih tembaga per hari. Freeport memurnikan 40% produksi di fasilitas smeller yang telah dimiliki, sementara 60% masih diekspor. Freeport menargetkan kapasitas produksi meningkat pada tahun depan. "Untuk tahun 2023, ada peningkatan 10%. Jadi tumbuh ke level 220. 000 ton bijih per hari yang ditambang dan diolah," terang Harry.

Smelter Manyar dirancang untuk memiliki kapasitas pengolahan konsentrat tembaga sebesar 2 juta ton per tahun. Dengan kapasitas itu, Smelter Manyar disebut-sebut bakal menjadi tempat pengolahan tembaga terbesar di dunia. Kelak, hasil pengolahan Smelter Manyar akan ditambahkan dengan kapasitas pengolahan smelter yang telah beroperasi, yakni PT Smelting, dengan kapasitas pengolahan 1 juta ton konsentrat tembaga setiap tahun. Dengan demikian, setelah Smelter Manyar beroperasi, Freeport akan mampu mengolah 3 juta ton konsentrat tembaga per tahun.

Di sisi lain, manajemen Freeport Indonesia berharap perhatian pemerintah untuk industri tembaga menjelang kebijakan larangan ekspor mineral pada Juni 2023. Harry bilang, kegiatan hilirisasi oleh Freeport. Indonesia kini terus berjalan dengan baik. Dengan situasi investasi yang baik ini, Freeport berharap pemerintah dapat turut serta mendukung kondisi tersebut. "Freeport cukup optimistis dalam menjalankan investasi untuk tahun 2023 mendatang," sebut dia.

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 3
17 May 2017

Ribuan karyawan di Ridge Camp akan menjadi yang pertama menikmati inve...

07 July 2017

Upaya-upaya pengembangan SDM dengan memanfaatkan pesatnya perkembangan...