KEK Gresik Bakal Peroleh Pasokan Listrik 1.130 Mw

27 June 2023

Kawasan ekonomi khusus (KEK) dan kawasan industri memperoleh dukungan pasokan listrik dari pemerintah. Kemarin (26/6) KEK Gresik alias Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) mendapatkan pengesahan rencana usaha penyediaan tenaga listrik (RUPTL).

 

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P. Hutajulu menyatakan, perencanaan produksi listrik sesuai dengan pertumbuhan ekonomi. Dengan begitu, pembangunan infrastruktur bergantung dari proyeksi di wilayah masing-masing. Namun, prinsip tersebut tak berlaku untuk pengelola kawasan industri, kawasan ekonomi khusus, dan kawasan pariwisata.

 

"Setiap permintaan untuk kawasan industri, kawasan ekonomi khusus, ataupun kawasan wisata pasti akan kami akomodasi," katanya dalam diseminasi RUPTL PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Gresik, kemarin (26/6).

 

Namun, dia menekankan pentingnya menjaga efisiensi dalam produksi listrik. PLN harus menyesuaikan produksi listrik dengan kebutuhan. Kementerian ESDM tak mau ada fasilitas pembangkit listrik yang idle alias tak beroperasi.

 

Dia menuturkan, RUPTL itu bakal dievaluasi setiap tahun. Jadi, pihaknya bisa menambah pasokan listrik sesuai dengan kebutuhan tersebut "Dengan tenaga listrik yang andal, diharapkan investasi terus tumbuh di JIIPE," tuturnya.

 

Direktur Teknik dan Pengembangan Usaha BKMS Naresh Kumar Anchalia menyampaikan, RUPTL KEK Gresik periode 2023-2032 merencanakan pasokan listrik 1.130,5 megawatt (mw). Pengelola sudah menyediakan pembangkit listrik tenaga minigas (PLTMG) berdaya 22,5 mw. Selain itu, lanjut dia, akan ada tambahan pasokan 500 mw melalui skema kerja sama dengan PLN.

 

Direktur Utama PT BKMS Bambang Soetiono berharap keandalan listrik bisa menarik investor. Pemerintah sudah mengamanatkan menarik/orezgn direct investment (FDI) senilai USD 7 miliar dalam jangka lima tahun. Hingga tahun ini, KEK Gresik sudah menyerap USD 4,5 miliar. Sebagian besar merupakan investasi PT Freeport senilai total USD 3 miliar.

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 3
17 May 2017

Ribuan karyawan di Ridge Camp akan menjadi yang pertama menikmati inve...

07 July 2017

Upaya-upaya pengembangan SDM dengan memanfaatkan pesatnya perkembangan...