Ekspor Papua Meroket 42,60%, BPS: Hampir 100% dari Freeport!

18 October 2022

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua menyebutkan ekspor terbesar berasal dari Pelabuhan Amamapare, di Kabupaten Mimika, senilai USD779,77 juta atau 98,66 persen dari total ekspor Papua. Artinya masih dipengaruhi oleh ekspor PT Freeport.

Koordinator Fungsi Statistik Distribusi BPS Akhmad Fauzi mengatakan untuk perkembangan ekspor pada September 2022 mengalami kenaikan 42,60 persen menjadi USD783,27 juta dibandingkan dengan bulan sebelumnya USD549,26 juta. "Jadi memang untuk ekspor Papua dapat dibilang hampir 100 persen itu dipengaruhi oleh PT Freeport," katanya, dilansir dari Antara, Selasa, 18 Oktober 2022.

Dengan demikian, lanjut dia, hasil ekspor PT Freeport secara otomatis menentukan naik turun ekspor Papua. "Kalau dilihat dari jenis komoditasnya berupa biji logam serat dan Abu yang merupakan hasil dari PT Freeport itu sendiri," ujarnya.

Dia menjelaskan selain dari logam serat dan abu, Papua bisa juga melakukan ekspor kayu, ikan, dan beberapa komoditas lainnya. Ia mengatakan perlu kerja sama yang baik antar instansi agar hasil produksi yang dijual tersebut mempunyai nilai yang baik. "Sebenarnya kayu, namun kayu memang pengembangannya agak susah. Belum lagi untuk beberapa negara juga sudah agak ketat mengenai ekspor kayu," ucapnya.

Kemudian untuk sektor perikanan, lanjut dia, Kabupaten Biak Numfor juga mengekspor satu ton ikan per bulan. Ia berharap jumlah tersebut dapat ditingkatkan lagi. "Papua kaya akan lautnya sehingga tidak hanya dari Kabupaten Biak saja namun beberapa kabupaten lainnya yang ada di pesisir," pungkasnya.

 

http://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/zNArd4vb-ekspor-papua-meroket-42-60-bps-hampir-100-dari-freeport

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 3
17 May 2017

Ribuan karyawan di Ridge Camp akan menjadi yang pertama menikmati inve...

07 July 2017

Upaya-upaya pengembangan SDM dengan memanfaatkan pesatnya perkembangan...