Wapres Ma'ruf Tinjau Smelter Freeport di Gresik, Disebut sebagai Terbesar di Dunia

07 February 2023

Wakil Presiden Ma'ruf Amin meninjau proyek pembangunan smelter milik PT Freeport Indonesia yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Industri Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE), Gresik, Selasa (7/2/2023).

Ma'ruf mengatakan, proyek smelter yang ditinjaunya ini akan menjadi smelter terbesar di dunia dan mampu memproduksi konsentrat tembaga sebanyak 1,7 juta ton per tahun. "Ini merupakan kebanggaan Indonesia dan smelter Freeport ini merupakan smelter terbesar di dunia dan akan menghasilkan tembaga yang kalau nanti berjalan itu 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun," kata Ma'ruf dalam keterangan pers seusai peninjauan.

Ia menuturkan, smelter ini ditargetkan dapat mulai beroperasi pada Mei 2024, tetapi ia optimistis dapat beroperasi lebih cepat karena progres pembangunanya telah berjalan lebih cepat. "Ke depannya mungkin lebih awal dari yang kita harapkan, optimis saya kira itu karena pembangunannya berjalan terus dan tidak berhenti," ujar Ma'ruf.

Ma'ruf menyebutkan, ketika sudah beoperasi kelak smelter ini juga dapat membuka lapangan kerja bagi 200.000 orang. Oleh sebab itu, ia berpesan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk menyiapkan tenaga kerja yang terampil dengan melakukan pelatihan sesuai dengan kebutuhan smelter tersebut nanti.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pemerintah akan menghentikan ekspor tembaga dalam bentuk mentah mulai tahun 2023 ini. Ia mengeklaim, Indonesia sudah mampu melakukan hilirisasi industri tembaga karena beberapa smelter yang sedang dibangun akan segera rampung. "Saya cek kemarin smelternya Freeport dan smelter yang ada di Nusa Tenggara Barat sudah lebih dari 50 persen jadi, Freeport sudah 51 persen, jadi berani kita setop," kata Jokowi di acara Mandiri Investment Forum, Rabu (1/2/2023).

Jokowi menyatakan, penyetopan ekspor barang mentah tidak boleh berhenti pada nikel dan bauksit yang sudah ia umumkan sebelumnya. Ia menegaskan bahwa pemerintah akan terus melakukan hilirisasi industri dan tidak segan menghentikan ekspor barang mentah meskipun diprotes banyak negara. "Karena inilah yang akan melompatkan negara berkembang menjadi negara maju, apalagi negara kita. Jangan berpikir negara kita akan menjadi negara maju kalau kita takut menghilirkan bahan-bahan mentah yang ada di negara kita," ujar Jokowi.

 

http://nasional.kompas.com/read/2023/02/07/18242661/wapres-maruf-tinjau-smelter-freeport-di-gresik-disebut-sebagai-terbesar-di

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 3
17 May 2017

Ribuan karyawan di Ridge Camp akan menjadi yang pertama menikmati inve...

07 July 2017

Upaya-upaya pengembangan SDM dengan memanfaatkan pesatnya perkembangan...