Tambang PTFI Buat Papua Raih Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di Q3-2021

15 December 2021

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Papua mencapai 14,54% di Q3-2021. Hal ini menjadikan Papua sebagai provinsi dengan angka pertumbuhan ekonomi tertinggi di tingkat nasional. Kegiatan pertambangan oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) lakukan di Kabupaten Mimika menjadi salah satu ndustryg utama tingginya angka pertumbuhan ekonomi Papua di kurun waktu tersebut. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut ndust pertambangan dan penggalian merupakan ndustryg terbesar terhadap tingginya angka pertumbuhan ekonomi Papua di triwulan III 2021, dengan pertumbuhan sebesar 37,56% YoY.

“Tingginya angka pertumbuhan ekonomi Papua di triwulan III tahun 2021 tidak terlepas dari kontribusi ndust pertambangan dan penggalian, termasuk oleh PT Freeport Indonesia, sebagai salah satu ndust vital yang mampu menggerakkan perekonomian Papua di tengah segala tantangan ndustry,” kata Kepala BPS Provinsi Papua Adriana Helena Robaha dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (15/12/2021). “Tanpa dukungan ndust pertambangan dan penggalian, produk ndustry regional bruto (PDRB) atas dasar harga konstan (ADHK) Papua hanya tumbuh 2,42% di triwulan III 2021,” imbuhnya.

Tingginya kontribusi PTFI, selaku anggota Mind ID, terhadap pencapaian angka pertumbuhan ekonomi Papua berbanding lurus dengan peningkatan produksi PTFI di sepanjang triwulan III 2021. Selama Juli hingga September 2021, produksi bijih tembaga PTFI mencapai 956 juta ton, atau meningkat 76,05% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya YoY. Sementara itu, angka produksi emas PTFI mencapai 968 ribu ounce atau meningkat 67,76% YoY. “PT Freeport Indonesia bersyukur bahwa peningkatan produksi kami turut menggenjot pertumbuhan ekonomi yang signifikan bagi Papua di triwulan III 2021. Kami menyadari bahwa pencapaian yang baik bagi Papua ini melibatkan peran seluruh pemangku kepentingan, termasuk para karyawan PTFI serta masyarakat yang terus mendukung keberlanjutan operasi kami di Mimika,” ungkap Presiden Direktur PTFI Tony Wenas.

Tony menambahkan sejalan dengan peningkatan produksi, upaya PTFI meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar area operasinya juga diperluas. Hal ini, kata dia, secara tidak langsung turut menjadi ndustryg tingginya angka pertumbuhan ekonomi Papua. Tony menjabarkan di tengah segala dampak ndustry COVID-19, PTFI ndustr Pemerintah Kabupaten Mimika, Keuskupan Timika, Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK), dan berbagai mitra lainnya terus berupaya menjaga daya tahan ekonomi masyarakat melalui berbagai program bantuan langsung, pembangunan, dan pengembangan kapasitas masyarakat untuk berwirausaha.

PTFI, lanjut Tony, akan terus berupaya membangun Papua dengan mengedepankan kolaborasi dan sinergi ndustr pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan lain untuk mendukung pemerintah dalam upaya percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). “PTFI akan terus menjadi mitra sejati pemerintah Indonesia untuk membantu percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) dari Papua untuk Indonesia. Kami senantiasa membuka pintu kolaborasi guna mewujudkan visi Papua Bangkit, Mandiri, dan Sejahtera,” papar Tony.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika Yohana Paliling mengapresiasi upaya PTFI membangun Papua. “Pemerintah Kabupaten Mimika mengapresiasi inisiatif PTFI untuk membangun Papua, khususnya Mimika. Pembangunan yang PTFI lakukan tidak hanya terwujud melalui tingginya angka pertumbuhan ekonomi Papua, namun juga tercermin melalui peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar area operasi PTFI, sejalan dengan tujuan pembangunan daerah Mimika,” urai Yohanna.

 

http://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5856324/tambang-ptfi-buat-papua-raih-pertumbuhan-ekonomi-tertinggi-di-q3-2021

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 3
17 May 2017

Ribuan karyawan di Ridge Camp akan menjadi yang pertama menikmati inve...

07 July 2017

Upaya-upaya pengembangan SDM dengan memanfaatkan pesatnya perkembangan...