Tony Wenas Pamer Freeport Pakai Kereta Listrik buat Angkut Bijih

14 February 2023

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas memamerkan upaya Freeport untuk mengurangi emisi. Salah satu yang utama adalah penggunaan kereta listrik pengangkut bijih emas dan tembaga menggantikan truk besar.

Menurutnya, truk besar pengangkut bijih tambang sangat lah besar penggunaan bahan bakarnya. Belum lagi bila menghitung emisinya. Menurutnya dengan terobosan ini, Freeport bisa mengurangi emisi hingga 80 ribu ton CO2. "Kita sudah tak lagi gunakan truk yang bannya 4 meter itu yang konsumsi dieselnya luar biasa haus. Kita gantikan dengan kereta listrik, bisa angkut 110 ribu ton bijih per hari," ujar Tony Wenas dalam acara B-Universe Economic Outlook 2023, Selasa (14/2/2023).

Bila dibandingkan pihaknya harus menggunakan truk sebanyak 75 unit, sementara dengan kereta listrik hanya butuh 1 lokomotif listrik dengan 10 gerbong. "Kalau truk, truk itu mungkin butuh 75 truk dengan kapasitas 300 ton beroperasi 24 jam per hari. Jadi bisa dibandingkan emisinya itu, signifikan sekali penurunan emisinya. Di bawah tanah kereta listrik 24 jam bekerja dengan totalnya bawa gerbong 10," ujar Tony Wenas.

Bukan cuma mengganti penggunaan truk, pihaknya juga akan mengurangi penggunaan pembangkit listrik baru bara dan tenaga diesel. "Kita akan menambah 168 megawatt dengan energi bersih biofuel dan gas, kita juga mau ganti PLTU kami dengan PLTG, dengan LNG," jelas Tony Wenas.

 

http://finance.detik.com/energi/d-6568581/tony-wenas-pamer-freeport-pakai-kereta-listrik-buat-angkut-bijih-emas

 

Back to List

Berita Selanjutnya

news thumb 3
17 May 2017

Ribuan karyawan di Ridge Camp akan menjadi yang pertama menikmati inve...

07 July 2017

Upaya-upaya pengembangan SDM dengan memanfaatkan pesatnya perkembangan...